\

Tinjau Kesiapan Kurban, Sachrudin Jajal Electric Chain Hoist Kapasitas 1 ton

Menjelang Hari Iduladha 1444 Hijriah dan pelaksanaan kurban di Masjid Raya Al Azhom, Wakil Wali Kota Tangerang, H. Sachrudin, meninjau langsung kesiapan tempat Rumah Pemotongan Hewan (RPH), yang berlokasi di belakang masjid, Senin (26/6).

Tinjauan tersebut dilakukan untuk memastikan agar pelaksanaan ibadah salat id dan pemotongan hewan kurban dapat berjalan sesuai dengan syariat yang berlaku.

“Kami ingin memastikan pelaksanaan Hari Raya Iduladha terutama pada saat pemotongan hewan kurban, segala fasilitas pendukungnya sudah siap dan dapat melaksanakannya sesuai yang disyariatkan dalam agama,” ujar Sachrudin. 

Tahun lalu, lanjut Sachrudin, pengangkatan sapi usai disembelih dilakukan secara manual namun pada tahun ini dilakukan dengan menggunakan Electric Chain Hoist yang merupakan inovasi dari salah satu petugas kurban Masjid Raya Al Azhom, berfungsi untuk mengangkat hewan kurban pasca disembelih, untuk kemudian dibersihkan dan dilakukan pencacahan daging

“Alhamdulillah, ada inovasi dari petugas kurban kami untuk memudahkan dan mempercepat proses penyembelihan hingga pemotongan hewan kurban, dengan menggunakan Electric Chain Hoist,” jelas Sachrudin.

Sementara itu, mengenai mekanisme pembagian daging kurban, Sachrudin yang turut didampingi Ketua Harian Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al-Azhom, Achmad Chaerudin, menyampaikan, pembagian hewan kurban akan dilakukan melalui sistem kupon yang dibagikan usai pelaksanaan salat Iduladha.

“Kami coba atur sistem antreannya, supaya nggak ada penumpukan. Yang baris laki-laki dan perempuan terpisah dan insya Allah kami juga akan turut membagikan hewan kurban ke setiap kecamatan,” ujarnya.


BERITA LAINNYA

26 Jun 2023 18:25

RAPAT ADMIN WEBSITE DAN…