\

Tetap Produktif, Puluhan Lansia Kota Tangerang Semangat Belajar Alat Musik Angklung

Usia tidak menghalangi semangat para lansia di Perumahan Duta Garden RW 008, Kelurahan Jurumudi Baru, Kecamatan Benda, Kota Tangerang, untuk tetap produktif. Bagaimana tidak, mereka rutin mengikuti pelatihan alat musik tradisional angklung setiap hari Rabu, di Balai Warga RW 008. Kegiatan ini telah mereka lakukan sejak tahun 2022 untuk mengisi waktu luang.


Tergabung dalam kelompok Angklung Usinda (Usia Indah), Marlin, Ketua Angklung Usinda mengatakan sebanyak 40 lansia dengan usia 60-80 tahun keatas sangat senang mengikuti pelatihan angklung ini. Tentunya kegiatan seperti ini dapat menumbuhkan rasa percaya diri mereka untuk dapat menghasilkan sebuah kreatifitas dalam bidang seni angklung.


“Kegiatan pelatihan angklung ini akan meningkatkan daya ingat dan fokus dalam memainkan setiap nadanya. Sehingga tak hanya melestarikan angklung, namun juga sangat baik untuk kesehatan para lansia,” tutur Marlin.


Ia pun mengungkapkan tak hanya sebagai kegiatan pelatihan biasa, namun mereka pun sering tampil pada setiap acara dari wilayah Keluarahan Jurumudi Baru hingga Kecamatan Benda. Bahkan dalam waktu dekat ini, mereka akan tampil di depan Duta Besar China di Jakarta, (25/2/2024) mendatang. Tak heran mereka mampu memainkan angklung dengan baik sesuai dengan arahan dari Paulus Gloria Bambang Yusmanto selaku guru musik yang diundang secara khusus untuk melatih mereka.


“Kami sedang mempersiapkan untuk tampil di depan Duta Besar China di Jakarta, dimana kami akan membawakan dua buah lagu daerah yakni Bengawan Solo dan Cai Cha Deng yang merupakan lagu daerah dari China. Tentunya ini akan semakin memberikan semangat kepada opa dan oma untuk ikut berlatih setiap minggunya,” ujarnya.


Lurah Jurumudi Baru, Abdul Wahab, pun sangat mengapresiasi adanya kegiatan positif yang dilakukan warga RW 008 Kelurahan Jurumudi Baru. Pasalnya warga lansia ini tetap semangat mengikuti pelatihan angklung ini.


“Kami sangat mendukung adanya kegiatan seperti ini di Kelurahan Jurumudi Baru. Tentunya pelatihan angklung ini juga menjadikan mereka tetap produktif di usia tua. Kami juga berupaya untuk mengenalkan kelompok Angklung Usinda kepada masyarakat dengan ikut serta tampil dalam kegiatan di wilayah,” ucap Abdul. (dsw)


BERITA LAINNYA

31 Jan 2024 19:22

RAPAT ADMIN WEBSITE DAN…