\

Sekda: Metadata Optimalkan Tata Kelola SDI

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tangerang, Herman Suwarman, menghadiri sekaligus membuka Lokakarya Penyusunan Metadata (Sektoral dan Multi Sektoral) Satu Data Indonesia (SDI) Kota Tangerang, yang diselenggarakan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) bekerja sama dengan United States Agency for International Development melalui program tata kelola pemerintahan yang efektif, efisien dan kuat (USAID ERAT).


Dalam lokakarya yang dihadiri para walidata pendukung dari tiap-tiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang tersebut, Sekda menyampaikan, dalam penerapan SDI yang dipergunakan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam tata kelola pemerintahan dan pembangunan serta pelayanan kepada masyarakat, maka setiap data yang dihasilkan produsen data haruslah memiliki metadata. Baik metadata statistik maupun spasial.


"Informasi dalam metadata harus mengikuti struktur yang baku dan merujuk pada bagian informasi tentang data yang harus dicakup dalam metadata dan ditetapkan oleh pembina data tingkat pusat.


Tujuannya untuk menggambarkan, menjelaskan, serta memudahkan pencarian, penggunaan dan pengelolaan informasi data," terang Herman.


Untuk itu, Sekda meminta kepada OPD agar dapat menyusun metadata agar lebih komprehensif sehingga dapat membantu meningkatkan akselerasi pembangunan dan program-program serta pelayanan kepada masyarakat.


"Selama ini fokus OPD hanya kepada ketersediaan data belum kepada tata kelola data sebagaimana yang diamanatkan oleh Satu Data Indonesia," jelas Sekda seraya berharap agar kegiatan penyusunan metadata ini dapat membantu OPD untuk dapat menyusun metadata, terutama pada data prioritas yang dibutuhkan saat ini, diantaranya data kemiskinan, stunting,  inflasi, investasi, serta data-data yang menjadi pendukung target indikator utama.


Tak lupa, Herman juga memberikan apresiasi kepada Sekretariat SDI Kota Tangerang yaitu Bappeda, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Badan Pusat Statistik (BPS) dan USAID-ERAT, yang telah bekerja bersama-sama dan sama-sama bekerja untuk terus berkomitmen dalam mewujudkan SDI di Kota Tangerang.


"Semoga dengan berjalannya kegiatan ini,  dapat menghasilkan metadata yang tersusun semakin baik dengan bimbingan dan pendampingan dari para narasumber, sehingga dapat membantu mewujudkan efisiensi dan efektivitas pembangunan di Kota Tangerang," pungkas Sekda.


BERITA LAINNYA

20 Mar 2023 13:30

RAPAT ADMIN WEBSITE DAN…