\

SDN Gondrong 3 dan SMPN 6 Kota Tangerang Ikuti Lomba Sekolah Sehat Tingkat Provinsi Banten

Kembali Kota Tangerang mengikuti penilaian Lomba Sekolah Sehat (LSS) tingkat Provinsi Banten. Tim penilai disambut langsung Wakil Wali Kota Tangerang, Sachrudin beserta jajaran Dinas Pendidikan (Dindik), Forum Kota Tangerang Sehat (FKTS), Dinas Kesehatan, Puskesmas, Kemenag serta Kecamatan, di Ruang Patio, Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Senin (4/9/23).

Kepala Dinas Pendidikan, Jamaluddin, mengungkapkan tahun ini yang mewakili Kota Tangerang di tingkat Provinsi ada dua sekolah. Diantaranya, SMPN 6 Tangerang dan SDN Gondrong 3 Cipondoh. Dimana sebelumnya mereka telah berhasil juara di tingkat Kota Tangerang.

“Penerapan sekolah sehat ini sudah berlangsung sejak lama di Kota Tangerang, terbukti sejak 2018 Kota Tangerang meraih Juara dalam empat kali berturut-turut di tingkat Provinsi Banten. Hingga mewakili Provinsi Banten ke tingkat Nasional dan berhasil mendapat peringkat ketiga di tahun 2018 dan peringkat kedua di tahun 2019 tingkat Nasional,” ungkapnya.

Ia juga mengatakan pada momen penilaian ini sudah mempersiapkan dari berbagai aspek yang menjadi indikator penilaian. Tentunya ini juga berkat kerja sama dari berbagai pihak, karena pada dasarnya Sekolah Sehat bisa terwujud bukan hanya programnya, namun kebiasaan masyarakat sekolah, serta sarana dan pra sarana yang kian dimaksimalkan.

“Harapan kami dari dua sekolah ini, Kota Tangerang bisa kembali mewakili Provinsi Banten maju hingga tingkat nasional. Sehingga ini juga dapat menjadi komitmen untuk sekolah lainnya agar terus menerapkan sekolah yang sehat, untuk generasi yang pintar,” harap Jamal.

Sementara itu, Tim Penilai UKS Provinsi Banten, Dede Rukhyati, menuturkan Kota Tangerang setiap tahunnya selalu mempertahankan dengan baik. Terbukti setiap sekolah yang dipilih mewakili Kota Tangerang menunjukan hasil yang sangat baik. Apalagi di tingkat SD, dari SDN Gondrong 3 Kecamatan Cipondoh, sedangkan tingkat SMP adalah SMPN 6 Tangerang.

“Indikator yang menjadi penilaian Sekolah Sehat ini dilihat dari Stratifikasi UKS, jadi ada Trias UKS dan Manajemen UKS yang meliputi pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, dan pembinaan lingkungan sekolah sehat. Karena ini merupakan di tingkat Provinsi, sehingga level penilaiannya harus paripurna, agar dapat menuju tingkat Nasional,” jelas Dede.

Ia menyatakan, sejak didirikan TPUKS tingkat Kota Tangerang pada 2016 selalu menunjukkan yang terbaik. Bahkan, terus berturut-turut mewakili Provinsi Banten ke tingkat Nasional. "Saya harap tahun ini pun bisa menunjukan hasil yang baik dan dapat terus hingga Nasional," harapnya. (dsw)

BERITA LAINNYA

04 Sep 2023 14:13

RAPAT ADMIN WEBSITE DAN…