\

Pra Evaluasi SAKIP, Dr. Nurdin: Bukan Sekadar Nilai Tapi Terus Perbaiki Kinerja

Dalam rangka finalisasi persiapan menghadapi evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP) Tahun 2024, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Tangerang menggelar Koordinasi Pendampingan Pra Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Kota Tangerang.

Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang, Dr. Nurdin, rapat koordinasi pendampingan Pra Evaluasi Sakip ini bukan sekadar mengejar nilai, akan tetapi sebagai sarana memperbaiki kinerja pemerintah.

"Nilai itu dapat kita maknai sebagai gambaran penyederhanaan dari apa yang kita miliki, maka melalui evaluasi ini, kita dapat mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan dalam tata kelola pemerintahan kita, serta mencari solusi untuk perbaikan yang berkelanjutan," ujar Dr. Nurdin, dalam acara yang berlangsung di Arya Duta Hotel, Lippo Village, Kabupaten Tangerang, Selasa (11/6).

Dalam kesempatannya, Pj. Wali Kota Tangerang, juga mengungkapkan perumpamaan bahwa pemerintah seperti mobil yang memiliki tubuh, roda, mesin dan perangkat lainnya agar bisa berjalan sesuai fungsinya.

"Sama dengan pemerintah, perangkatnya sudah ada, tinggal bagaimana kita menyesuaikan kapasitas mesinnya agar bisa berjalan dengan baik," terangnya.


"Saya harap setelah pra evaluasi ini, perangkat daerah dapat menyiapkan mesin-mesin tadi, sehingga dapat membawa perangkatnya pada peningkatan kinerja secara keseluruhan pada organisasi kita," tambahnya.


Mantan Kepala Pusdatin Kemendagri ini, juga mengajak seluruh aparatur pemerintah daerah untuk berperan aktif dalam proses evaluasi ini. "Kita semua memiliki peran penting untuk memastikan bahwa tata kelola pemerintahan dapat berjalan dengan efektif dan efisien. Mari kita jadikan evaluasi SAKIP ini sebagai momentum untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pelayanan publik di Kota Tangerang," tuturnya.


Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Tangerang, Herman Suwarman, menjelaskan, pelaksanaan kegiatan Koordinasi Pendampingan Pra Evaluasi SAKIP Kota Tangerang di antaranya bertujuan untuk menyusun matriks finalisasi tindak lanjut atas hasil evaluasi AKIP Tahun 2023 sebagai dokumen pendukung perbaikan implementasi AKIP Kota Tangerang.


"Semoga kita dapat melalui evaluasi SAKIP Tahun ini dengan hasil yang lebih baik dari tahun sebelumnya. Mari kita bekerjasama dan berkolaborasi demi tercapainya tata kelola pemerintahan yang baik," tukas Herman.


Sebagai informasi, pencapaian nilai SAKIP Kota Tangerang pada tahun 2023 dengan nilai 67,61 Poin dengan Predikat B, meningkat dari tahun sebelumnya yaitu 67,12 Poin pada tahun 2022.

BERITA LAINNYA

11 Jun 2024 22:00

RAPAT ADMIN WEBSITE DAN…