\

Pemkot Tangerang Bagikan Vitamin A Gratis Selama Februari, Ini Manfaatnya untuk Balita

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang melakukan pemberian vitamin A gratis ke 79.246 balita, melalui seluruh posyandu dan puskesmas selama Februari 2024.


Kepala Dinkes Kota Tangerang dr. Dini Anggraeni mengungkapkan, konsumsi vitamin A memiliki banyak manfaat bagi balita, Senin (5/2/24).


“Tak hanya baik untuk menjaga kesehatan mata, namun bermanfaat juga untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit dan infeksi seperti campak dan diare,” jelas dr. Dini.


Lanjutnya, itulah alasan vitamin A termasuk salah satu nutrisi yang penting untuk tumbuh kembang anak. Bahkan, pemberian vitamin A menjadi agenda nasional bidang kesehatan, yang dibagikan secara gratis pada balita usia 6-59 bulan.


“Pemberian suplementasi vitamin A untuk bayi usia 6-11 bulan berwarna biru dosis 100.000 IU, dan anak balita usia 12-59 bulan berwarna merah dosis 200.000 IU,” paparnya.


Berikut manfaat vitamin A untuk balita:


1. Melindungi mata dari kebutaan

Vitamin A sangat penting untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin A diperlukan untuk mengubah cahaya yang masuk ke mata menjadi sinyal listrik yang dikirim ke otak. Faktanya, salah satu gejala pertama kekurangan vitamin A rabun senja, karena vitamin A merupakan komponen utama dari rhodopsin.


2. Menurunkan risiko kanker

Kanker terjadi ketika sel-sel abnormal mulai tumbuh dan membelah dengan cara yang tidak terkendali. Vitamin A sendiri memiliki peran penting dalam pertumbuhan dan perkembangan sel sehingga berpengaruh dalam pencegahan kanker. Beberapa di antaranya adalah limfoma, kanker serviks, paru-paru, dan kandung kemih.


3. Mendukung sistem kekebalan tubuh

Vitamin A memainkan peran penting dalam menjaga pertahanan alami tubuh. Ini termasuk penghalang lendir di mata, paru-paru, usus, dan alat kelamin anak yang membantu menjebak bakteri dan infeksi lainnya.


4. Mendukung kesehatan tulang

Nutrisi utama yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang seiring bertambahnya usia adalah protein, kalsium, dan vitamin D. Namun, mengonsumsi cukup vitamin A juga diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan tulang yang cepat.

Faktanya, orang dengan kadar vitamin A dalam darah yang lebih rendah berisiko lebih tinggi mengalami patah tulang daripada orang dengan kadar vitamin A yang sehat.


5. Menjaga kesehatan kulit

Ada banyak masalah kulit yang mungkin dialami oleh anak. Faktanya, anak yang kekurangan vitamin A memiliki risiko lebih tinggi terkena jerawat di kemudian hari. Hal ini dapat mempersulit sel kulit mati untuk dikeluarkan dari folikel rambut dan menyebabkan penyumbatan.


BERITA LAINNYA

05 Feb 2024 17:46

RAPAT ADMIN WEBSITE DAN…