\

Buka Seminar PBG, Ini Pesan Arief Kepada Para Calon Arsitek

Wali Kota Tangerang, H. Arief R Wismansyah, membuka kegiatan Seminar Persyaratan Bangunan Gedung di Era Persetujuan Bangunan Gedung (PBG) yang diselenggarakan oleh Dinas Modal & Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) di Aula Al-Amanah Gedung Pusat Pemerintahan (PUSPEM) Kota Tangerang, Senin (27/02).


Dalam kegiatan yang menargetkan para mahasiswa jurusan teknik sipil dan arstektur sebagai peserta seminar tersebut, Arief menyampaikan, perubahan aturan tentang persyaratan bangunan gedung tersebut sangatlah penting untuk disosialisasikan guna memberikan pemahaman tentang pentingnya memprioritaskan kelayakan dan keamanan suatu bangunan. 


Selain itu, lanjut Arief, perubahan IMB menjadi PBG dan juga persyaratan-persayaratan lain yang mungkin semakin lebih detil, tentunya merupakan upaya pemerintah dalam memastikan kualitas bangunan yang akan dibangun nantinya.


"Agar tetap mengedepankan kelayakan dan keamanan, makanya penting untuk disosialisasikan, termasuk untuk teman-teman mahasiswa para calon arsitek dan para profesional di bidang konstruksi dan teknik sipil ini," terang wali kota dihadapan 150 mahasiswa dari berbagai Universitas di Kota Tangerang maupun dari luar kota seperti dari Jakarta, Serang, Yogyakarta.


Untuk itu, Arief meminta kepada para pegawai DPMPTSP serta para mahasiswa teknik sipil dan arsitektur, untuk membantu mensosialisasikan persyaratan-persyaratan bangunan gedung tersebut kepada msyarakat yang ingin membangun serta mengurus perizinan membangun gedung dan tempat tinggal.


"Para calon arsitektur ini, saya harap bisa membantu pemerintah dalam mensosialisasikan apa-apa saja persyaratan dalam mengurus perizinan membuat bangunan. Kalau perlu fasilitasi, misalnya untuk yang kesulitan membuat gambar atau blue print ya tolong dibantu," ujarnya.


Karena dalam membangun, lanjut Arief, tidak hanya sekadar membangun sebuah gedung tetapi juga membangun sebuah tatanan kehidupan. Harus mulai diubah mindsetnya, dalam membangun gedung atau tempat tinggal. 


“Tidak hanya sekadar rumah kita jadi dan bisa ditinggali tapi harus memperhatikan aspek-aspek lain disekitarnya, misalnya resapan dan aliran air nanti lewat mana, apalagi cuaca ekstrem sering terjadi," pintanya seraya berpesan, “makanya pemahaman inilah yang harus kita sampaikan kepada masyarakat supaya dapat tercipta keberlangsungan hidup masyarakat yang lebih baik.”


BERITA LAINNYA

27 Feb 2023 18:10

RAPAT ADMIN WEBSITE DAN…