\

Buka Kegiatan Pra RKA, Pj : Efisiensi Belanja, Program Prioritas Harus Tetap Berjalan

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menggelar Kegiatan Pra RKA perubahan T.A 2024 guna penajaman program dan kegiatan. Kegiatan ini berlangsung di Ruang Akhlakul Karimah, Gedung Pusat Pemerintah Kota Tangerang, pada Kamis (20/6).

Dalam arahannya, Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang, Dr. Nurdin, menyampaikan, sesuai dengan peraturan, mekanisme penyusunan perubahan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) dapat melakukan penyesuaian terhadap kondisi keuangan Pemerintah Daerah.

"Jadi kita dapat menyesuaikan atau melakukan efisiensi pada program prioritas pembangunan yang akan dilaksanakan," ujar Dr. Nurdin, dihadapan 41 Kepala Perangkat Daerah dan Tim Penyusun Pra RKA

Lebih lanjut, Pj Wali Kota Tangerang, mengungkapkan, pendapatan daerah tahun 2024 diperkirakan turun dari 4,879 triliun menjadi 4,740 triliun. Atas kondisi tersebut maka belanja daerah akan berkurang dan untuk menyikapi hal tersebut akan dilakukan rasionalisasi belanja dengan pendekatan skala prioritas.

"Saya minta seluruh perangkat daerah untuk melihat kembali program prioritas, sesuai dengan RKPD yang sudah disusun itu harus berjalan, tapi efisiensikan, kegiatan yang tidak terlalu mendesak itu yang harus ditunda," jelasnya.

Mantan Kepala Pusdatin Kemendagri ini, mengatakan, kegiatan Pra RKA ini merupakan langkah penting untuk tetap memastikan setiap program dan kegiatan yang direncanakan dapat berjalan dengan baik dan memberikan manfaat maksimal bagi masyarakat Kota Tangerang.

"Walaupun kita melakukan efisiensi belanja, program prioritas harus tetap berjalan, seperti penataan Pasar Sipon, penambahan kapasitas pendidikan, dan sebagainya harus tetap dilakukan untuk kenyamanan masyarakat," tukas Dr. Nurdin.

BERITA LAINNYA

20 Jun 2024 20:50

RAPAT ADMIN WEBSITE DAN…