\

Buka Festival Literasi, Arief Sebut Budaya Gemar Membaca Dapat Wujudkan Generasi Berkualitas

Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Tangerang ke-30 yang akan jatuh pada tanggal 28 Februari ini, Pemerintah Kota Tangerang terus mendorong partisipasi masyarakat dalam menanamkan budaya gemar membaca dalam masyarakat melalui Festival Literasi Kota Tangerang yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Tangerang mulai dari tanggal 13-19 Februari 2023.


Wali Kota Tangerang, H. Arief R Wismansyah yang hadir sekaligus membuka festival yang berlokasi di Atrium Mall Tang City Kota Tangerang tersebut menyampaikan pentingnya mendorong partisipasi masyarakat dalam meningkatkan minat membaca guna mewujudkan Kota Tangerang yang cerdas dengan generasi berkualitas.


"Yang dibaca tentunya yang bermanfaat, agar dapat mewujudkan generasi yang beekualitas. Karena kita sekarang di era sosial media ini pengennya kan yang instan-instan, yang seadanya aja di timeline atau reels, ya kan ya."


"Makanya harus pandai dalam memilah dan memilih serta menyaring konten-konten mana saja yang layak dan tidak untuk dikonsumsi. Itulah pentingnya literasi selain untuk meningkatkan pemahaman dalam membaca tetapi juga agar menumbuhkan minat membaca sesuatu yang bermanfaat. Jadi bisa memfilter sendiri." terang Wali Kota.


Arief menambahkan budaya membaca terutama sejak usia dini juga penting agar dapat mencegah ketergantungan anak terhadap gadget.


"Era disrupsi ini kan serba tidak menentu, makanya pengawasan terhadap anak juga penting bagi kita para orang tua."


"Jangan sampai anak lebih suka bermain gadget daripada membaca, harus dibiasakan agar lebih suka membeli buku daripada membeli untuk diamond atau apapun untuk game online." 


"Untuk itu saya berharap semoga dengan diselenggarakannya Festival Literasi ini dapat meningkatkan kegemaran masyarakat dalam membaca dan juga dalam bertutur yang nantinya dapat meningkatkan indeks literasi untuk kesejahteraan di Kota Tangerang." imbuh Arief.


Festival Literasi tersebut juga menghadirkan Kepala Perpustakaan Nasional RI, Muhammad Syarif Bando, yang menjadi narasumber dalam kegiatan Talk Show Peningkatan Indeks Literasi Untuk Kesejahteraan Masyarakat di Kota Tangerang yang juga merupakan salah satu rangkaian acara dari festival tersebut.


Dalam kesempatannya, Syarif menilai bahwa pihak  acara tersebut merupakan salah satu bentuk komitmen Pemkot Tangerang dalam meningkatkan kualitas masyarakatnya.


"Festival ini layak diapresiasi karena merupakan komitmen dalam meningkatkan nilai dasar kualitas SDM-nya. Serta, komitmen menyediakan infrastruktur bahan bacaan dan penyediaan anggaran untuk menciptakan SDM yang punya talenta dalam mengedukasi masyarakat Kota Tangerang,” jelasnya.


BERITA LAINNYA

13 Feb 2023 20:00

RAPAT ADMIN WEBSITE DAN…