\

BPBD Kota Tangerang Cepat Tanggap Tangani Banjir dan Pohon Tumbang


Hujan yang melanda wilayah Kota Tangerang sejak Jumat dini hari mengakibatkan sejumlah wilayah tergenang. Data update pukul 11.30 WIB, banjir terjadi di beberapa titik dengan ketinggian tertinggi mencapai 50 cm.


Kepala BPBD Kota Tangerang Maryono Hasan menuturkan, lima titik tergenang ialah wilayah Kampung Rawa Bokor dengan ketinggian 50cm, Jalan Husein Sastra Negara ketinggian 30cm, Jalan Raya Prancis ketinggian 30cm, Duta Garden Residence ketinggian 40cm, dan Kedaung Baru dengan ketinggian 30cm.


Selain itu, Jalan Utama Danau Situ Bulakan ketinggian 10cm dan Kedaung Baru Kecamatan Neglasari dengan ketinggian 10cm. Sedangkan Jembatan Alamanda Kecamatan Periuk terpantau aman.


“Petugas sudah dikerahkan ke titik-titik lokasi untuk membantu warga yang membutuhkan penanganan atau bantuan. Kami juga berkolaborasi dengan PUPR dan DLH untuk memastikan seluruh drainase atau pompa air aktif dengan baik. Sehingga, air dapat surut dengan cepat,” jelas Maryono.


Ia pun menuturkan, BPBD bersama Disbudpar Bidang Pertamanan juga telah melakukan penanganan pohon tumbang di Jalan Perum Banjar Wijaya RT 02, RW 02, Kelurahan Poris Plawad, Kecamatan Cipondoh.


“Kondisi banjir maupun pohon tumbang tidak ada korban jiwa. Hanya saja, aktivitas warga cukup terganggu, hal inilah yang ditangani oleh seluruh petugas gabungan. Seperti lalu lintas oleh Dishub, drainase, gorong-gorong hingga pompa air PUPR dan OPD lainnya,” katanya.


“Penanganan difokuskan pada penyedotan genangan dan membantu mobilitas warga. Selebihnya berkoordinasi dan melakukan monitoring titik rawan genangan dan banjir. Jika cuaca cerah, dalam waktu sebentar semua kondisi wilayah di Kota Tangerang akan kembali normal,” tambahnya.


Kondisi akhir, kata Maryono, Bendungan Katulampa kondisi normal 36cm, Batu Beulah kondisi normal tengah 2.28meter, Bendungan Pasar Baru normal 10.57meter, Pasar Angke Hulu Siaga Tiga 208cm. Sedangkan, prakiraan BMKG potensi terjadi hujan ringan hingga siang hari.


“Masyarakat Kota Tangerang yang membutuhkan bantuan terkait bencana dan kejadian kegawatdaruratan, BPBD Kota Tangerang memiliki layanan emergency di call center 112 dan nomor piket BPBD 24 jam di 021-5582-144,” tutup Maryono.

BERITA LAINNYA

22 Mar 2024 15:08

RAPAT ADMIN WEBSITE DAN…