\

BNN Kota Tangerang Resmikan Kampung Tematik Bersinar di Kelurahan Karawaci Baru

Dalam memperingati Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) 2023, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang bersama Badan Narkotika Nasional (BNN) mendeklarasikan pencanangan kelurahan Bersinar (Bersih Narkoba), di Halaman Kelurahan Karawaci Baru, Senin (26/6/2023).

Kegiatan digelar dengan apel yang dipimpin langsung oleh Wali Kota Tangerang, Arief R. Wismansyah, yang diikuti oleh beberapa OPD seperti Dinsos, Dinkes, Dispora, Kesbangpol, serta lapisan masyarakat.

Kepala BNN Kota Tangerang, Kombes Pol. Ichlas Gunawan, mengungkapkan guna memberantas narkorba di Kota Tangerang harus melibatkan berbagai pihak, salah satunya peran masyarakat di setiap wilayah.

"Kami sudah memiliki 120 penggiat anti narkoba yang termasuk dalam program Intervensi Berbasis Masyarakat (IBM), dimana mereka akan bantu mensosialisasikan terkait narkoba serta melakukan pemulihan ringan bilamana ada warganya yang positif," ungkapnya.

Lanjutnya, Ichlas menuturkan selain Kelurahan Karawaci Baru, Kota Tangerang sudah memiliki tujuh kelurahan tematik Bersinar yakni Kelurahan Poris Plawad Utara, Kelurahan Sangiang Jaya, Kelurahan Pinang, Kelurahan Cibodas Sari, Kelurahan Sukasari, dan Kelurahan Benda.

Selain itu, kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan deklarasi anti narkoba oleh seluruh stakeholder terkait serta lapisan masyarakat. Dan pemberian santunan kepada anak-anak yatim di Kelurahan Karawaci Baru.

"Nantinya, BNN Kota Tangerang bersama dengan Kesbangpol dan Dispora Kota Tangerang yang memiliki kader pemuda akan melakukan bimbingan teknis kepada seluruh Kelurahan yang belum menjadi Kelurahan tematik Bersinar," lanjut Ichlas.

Sementara itu, Camat Karawaci, Mahdiar, merasa senang dengan adanya penggiat anti narkoba di Kelurahan Karawaci Baru yang merupakan Kelurahan tematik Bersinar pertama di Kecamatan Karawaci.

"Kampung tematik Bersinar di Perumnas ini dari berbagai lapisan masyarakat serta rentan usia. Ketika ada program ini dari BNN, kita bisa secara langsung menangkap dan mencegah adanya peredaran narkoba diwilayahnya," ucapnya.

Salah satu anggota IBM Kelurahan Karawaci Baru, Dindin Aminudin, menjelaskan peran IBM di tengah masyarakat untuk mensosialisasikan tentang bahayanya narkoba, "Kami membantu pemulihan rehabilitasi dalam tingkat ringan, dan kami mendata siapa saja yang pernah positif terkena narkoba," ucapnya.

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini bisa semakin menyadarkan seluruh lapisan masyarakat tentang bahayanya narkoba. (dsw)

BERITA LAINNYA

26 Jun 2023 14:35

RAPAT ADMIN WEBSITE DAN…