\

PKK Kota Tangerang Gelar Pengenalan Pengetahuan B2SA

Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Tangerang mengadakan kegiatan lewat Pokja III yakni Pengenalan Pengetahuan Pangan Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (B2SA) bagi Kader PKK se-Kota Tangerang. Pelaksanaan kegiatan tersebut dilakukan di Gedung Nyimas Melati, Senin (19/2/2024).


Ketua Bidang I PKK Kota Tangerang Yayat Sugiarti Herman menuturkan, kegiatan ini guna menambah pengetahuan bagi kader PKK tingkat kelurahan/kecamatan yang nantinya akan mengedukasi masyarakat dalam pemahaman tentang meningkatkan kualitas konsumsi makanan B2SA. Sehingga keluarga di Kota Tangerang hidup sehat dan dapat menekan angka stunting.


“Tentunya lewat kegiatan ini dapat memberikan pengetahuan bahwa kualitas konsumsi pangan yang beragam, bergizi seimbang, dan aman dapat terwujud apabila pemenuhan kebutuhan gizi seimbang yang didukung oleh pemahaman dan kesadaran masyarakat,” tuturnya.


Lanjutnya, kegiatan ini mengundang Maya Safrina, dari Badan Pangan Nasional sebagai pemateri. Dalam materinya, Maya menjelaskan pengertian dari B2SA, keamanan pangan, serta bagaimana menyiapkan makanan B2SA. Sehingga tidak hanya berfokus pada makanannya saja, tapi juga cara penyajian, cara memasak antara digoreng dan direbus yang memiliki kualitas gizi berbeda.


“Dari kegiatan ini kita jadin tahu, sumber karbohidrat tidak hanya dari beras atau nasi saja. Namun juga bisa diganti dengan sagu, jagung, singkong, sukun, sorgum atau biji-bijian, serta umbi-umbian lainnya. Tak hanya menjadi sumber karbohidrat, namun juga kaya akan serat dan banyak kandungan vitamin yang baik untuk tubuh,” sambung Yayat.


Terlihat selama kegiatan berlangsung, para kader begitu antusias menyimak pemaparan yang disampaikan oleh pemateri. Tak hanya itu, sesi tanya jawab pun menjadi kesempatan bagi kader PKK untuk mendalami pengetahuan mengenai B2SA yang disampaikan.


“Harapannya, kader PKK dapat memahami dengan jelas perbedaan B2SA dengan empat sehat lima sempurna dan juga korelasi dengan isi piringku. Sehingga lewat kegiatan seperti ini peran kader PKK akan semakin maksimal membantu program pemerintah dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat,” ucap Yayat. (dsw)


BERITA LAINNYA

19 Feb 2024 14:59

RAPAT ADMIN WEBSITE DAN…